Refrain by Winna Efendi: di setiap cerita harus ada yang terluka

cover sebelum jadi film

"Tidak ada persahabatan yang sempurna di dunia
Yang ada hanya orang-orang yang berusaha sebisa mungkin untuk mempertahankannya." 
Ini bisa jadi sebuah kisah cinta biasa. Tentang sahabat sejak kecil, yang kemudian jatuh cinta kepada sahabatnya sendiri. Sayangnya, di setiap cerita harus ada yang terluka. 
Ini barangkali hanya sebuah kisah cinta sederhana. Tentang tiga sahabat yang merasa saling memiliki meskipun diam-diam saling melukai. 
          Ini kisah tentang harapan yang hampir hilang.
Sebuah kisah tentang cinta yang nyaris sempurna, kecuali rasa sakit karena persahabatan itu sendiri.

***
"Lo tahu gimana rasanya jatuh cinta?"
#Wish: 21 menghindari hari valentine (nata) 

Semua menjadi serba pink saat hari valentine, Nata tidak menyukainya. Bahkan, surat cinta rahasianya yang ditujukan pada Niki (sahabatnya) tertutup rapi dalam amplop warna biru. Bukan pink. 
Semuanya menjadi rumit, ketika cinta tak mampu terucap, ketakutan akan hilangnya persahabatan yang sudah dijalani sejak kecil.  Dan kehadiran Anna.
Kerumitan semakin parah sejak hadirnya Oliver yang akhirnya menjadi pacar Niki, dan akhirnya perpisahan SMA di mana Nata memilih melanjutkan studinya ke luar (menekuni bidang musik). 
Jadi, bagaimana kisah mereka berakhir?
Gampang, kamu bisa tonton filmnya atau beli novelnya. ;)
 **
Refrain adalah cerita kenangan masa-masa saya ada di Junior High School, novel ini sudah lama terbit memang, pertama kali di tahun 2009. Sudah di film-in juga. Saya masih ingat di mana novel ini saya beli, di Delawas, toko buku dekat dengan SMP saya. Setiap pulang sekolah saya selalu ke sana. Sekarang, hampir 1 tahun terakhir tidak ke sana. Rindu.
Alasan kenapa menulis resensi novel ini (meski sudah lama), ku rindu masa-masa bisa setiap hari ke Delawas dan berjam-jam. Hmm, Fyi, bahkan temen-temen cewek ku sudah muak kalau harus nemenin ke toko buku. Why? saking lamanya. haha
"Sumpah, Kar, tadi kita udah ke situ. kamu mau nyari apa." Kalau udah lebih dari Sejam...... atau "Kar, kita ke sini cuma muter-muter doang ya?" Kalau emang niatnya cuma lihat-lihat wkwk

** 
 Dan..... jadilah review novel ini sebagai ajang nulis gapenting, maafkan sudah menyita waktu 5 menitnya untuk hal yang gapenting ini. By the way, Refrain itu cerita yang manis, refrain sendiri artinya bagian ulangan dari sebuah lagu (Reff) atau Menahan diri untuk melakukan sesuatu (untuk tidak mengucapkan maksud hati dalam novel ini).
Semoga suka! 
See you again in the next post! 

Post a Comment